Buah-buahan Pulau Bangka I

Banyak buah-buahan yang dihasilkan dari alam pulau Bangka, baik itu buah-buahan yang dihasilkan dari penanaman yang dilakukan masyarakat disana ataupun buah-buahan yang dihasilkan oleh alam disana, baik dari hutan maupun dari pasir-pasir putih yang berhamparan luas di pulau Bangka-Belitung.

Durian



Durian seperti biasanya buah yang berduri dan dengan isi yang lunak, kalau dibangka sering dibuat sebagai bubur atau kolak (kalau dibuat kolak ane paling seneng ama bijinya gan). Atau banyak juga langsung dimakan ditempat.


Cempedak



Buah yang satu ini sekilas memang mirip dengan buah nangka, seperti kata-kata yang sering diucapkan sebagai perumpamaan "cempedak berbuah nangka", yah cempedak memang beda dengan nangka bedanya paling menonjol adalah dari daunnya, cempedak daunnya mempunyai bulu-bulu kecil sedangkan nangka tidak, cempedak berbuah secara musiman, cempedak lebih manis dibandingkan nangka, bijinya pun lebih manis kalau direbus.

Rukem



Pada umumnya buah ini tidak ditanam tapi tumbuh dihutan-hutan pada tanah Pulau Bangka-Belitung namun ada juga yang menanam buah ini dikebun. Buah dengan rasa manis sedikit kelat itu sering dijumpai dipasar-pasar umum di pulau Bangka-Belitung. Untuk pohonnya sendiri mempunyai duri yang kuat.


Kelubi



Atau untuk mudahnya adalah buah salak hutan, dari sisi penampilan buah ini sangat mirip dengan buah salak, namun perbedaannya yang mencolok adalah dari segi rasa, kelubi mempunyai rasa sangat masam sehingga jarang langsung dimakan dan malah sering diolah dahulu baik itu dibuat asinan atau pun dibuat sambal.


Manau



Nah kalau buah yang satu ini udah agak langka, karena buah pohonya hidup dihutan. Untuk lebih mudah membayangkannya buah ini adalah buah yang dihasilkan oleh pohon rotan, didaerah Bangka-Belitung buah ini disebut manau. Rasanya manis-manis masam, enak dibuat sambal atau asinan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...


Outdoor activities often led to emergency situations. Lost, bad weather hampered, or run out of stock.
togel singapura

Posting Komentar

Copyright © Blog E Urang Bangka